cicak


Semalam sepulang dari kantor saat saya sedang leyeh-leyeh didepan tivi, tau-tau ada seekor cicak yang jatuh didekat pintu. Tanpa saya duga, si cicak yang telah mendarat langsung menghampiri saya. Kyaaa... kampret tuh cicak. Saya langsung lempar raket nyamuk yang dari tadi saya pegang ke arah si cicak sialan. Nasib mujur. Itu cicak selamat. 

Lagi kenapa juga itu cicak kok larinya ke arah saya seolah mau nyerang gitu. Sepertinya dia sudah memperhatikan orang yang selama ini menghabisi makanan utamanya, ; nyamuk.

Ya, beberapa hari yang lalu Ibu saya baru beli raket nyamuk listrik. Depan rumah saya kan memang ada comberan, jadi kemungkinan besar dari situlah nyamuk-nyamuk tengil berkembang biak.

Sejak ada raket nyamuk itu, kerjaan saya setiap pulang kerja adalah menjadi batosai si pembantai nyamuk. Mayat-mayat nyamuk bergelimpangan dilantai. Pokoknya saya jadi keranjingan banget mendengar bunyi 'cetar' saat nyamuk nempel di raket. Mungkin saja sejak saat itu diam-diam si cicak mengamati saya dan mulai muncul dendam kepada saya karena saya sudah dengan brutal membasmi makanannya tanpa ampun.

Terlepas dari masalah bangkai-bangkai nyamuk tersebut, saya jadi benci banget sama mahluk itu. Cicak maksudnya. 

Awalnya sih cuma geli ya liat penampakannya yang kenyil-kenyil dengan kepala bentuk agak lancip, terus ada 4 kaki kecil sama buntutnya. Hiiiiii. Pokoknya saya geli banget deh liat hewan yang bentuknya mirip-mirip cicak. Komodo, Bunglon, Kadal, Buaya, Tokek. Hiiiii.. apalagi Tokek. Selain bentuknya yang mirip cicak versi monster, kan dia itu ada totol-totol nya yak. aaaiiikkkk... Ini saya nulis hewan-hewan itu juga langsung merinding.

Dulu waktu masih kecil, saya sering bermain dengan sepupu-sepupu saya yang laki-laki. Mainnya ya mainan laki-laki. Mancing, Cari burung, mainan di lapangan, mainan pasir di depan rumah. Ya gitu deh.

Suatu hari, entah dapat bocoran darimana kalo saya takut sama cicak, salah satu sepupu saya tau-tau bawa anak cicak ke saya. Ampuunn deh itu. Saya teriak-teriak sampe mau pingsan rasanya. Diseret-seret kaki saya. Ditarik-tarik. Terakhir, si anak cicak dimasukin ke baju saya. Huaaaaaa..... Saya kejer nggak karuan. 

Saya masih ingat ya Wid kejadian itu!!

Setelah kejadian itu, awalnya yang cuma 'geli' kalo liat cicak, perasaan itu berubah jadi benci. Saya benci banget sama cicak!

Lain hari lagi, suatu sore orang tua saya sedang pergi entah kemana (saya lupa, ini kejadian waktu saya masih kecil juga). Dirumah saya cuma ada saya, kakak saya, adik saya, si mbak yang jagain adik saya, dan adiknya si mbak (rame amat ya). Adiknya si mbak ini orangnya emang iseng banget. Apalagi kalo nggak ada orang tua saya. Dia bisa bebas deh dirumah saya. Kalo nggak salah waktu itu dia SMP dan saya masih SD. 
Dirumah saya yang dulu kan dekat lapangan, jadi rumah saya banyak cicaknya. (Hubungannya apa ya). Langit-langit ruang tengah saya banyak banget cicaknya. Awalnya si Narti, adiknya si mbak, cuma iseng-iseng ngitungin cicak-cicak gendut yang sedang bercengkrama diatas sana. Terus dia kebelakang nyari sapu. Saya perhatiin, kan lantai udah bersih, trus dia mau ngapain bawa sapu? Saya pun mulai was-was. Duduk saya mulai melipir ke dekat pintu biar kalo mau kabur gampang. 

Dan..... iiiyyaaakkkkkk!! Dia menyapu langit-langit rumah saya. Gilaaa!!!

Cicak-cicak berjatuhan. Beberapa menimpa kepala dia. Semuanya kabur keluar. Termasuk saya yang sudah kabur lebih dulu. Dia tetawa-tawa menyeramkan. 

Atau, di hari yang lain saat saya masih kecil, saya sudah sangat kelelahan sekali. Saya udah nggak sanggup mengusir cicak-cicak yang ada di langit-langit kamar saya. (Biasanya sebelum tidur saya 'hush-hush' cicak diatas langit-langit kamar tidur).
Saya membuka tempat tidur dorong, waktu kecil saya dan kakak saya tidurnya satu kamar. Tempat tidurnya pakai yang dorongan. Awalnya saya tidur di atas, tapi ahirnya dipindahin kebawah karena sering banget jatoh. Kalau dibawah kan nggelundungnya nggak sakit-sakit banget gitu.
Setelah dorongan kasur dibuka, sayapun langsung tidur. Waktu itu posisi saya miring ke arah kolong tempat tidur. Tangan saya menjuntai ke samping tempat tidur. Lalu, tanpa sengaja tangan mungil saya mendapati sebuah kenyil-kenyil. Dalam kondisi setengah sadar saya terus menerus memainkan benda yang nempel di pinggiran kayu tempat tidur saya itu.
Tapi kok lama-lama bentuknya jadi aneh ya. ada kepala dan jari-jari kaki gitu. Iyyaaaaaaakkk! Alam bawah sadar saya langsung bangkit. Mata saya tiba-tiba langsung melek lagi. Setelah saya dorong ke arah lampu, apa dong itu yang nempel dari tadii??? Iyaak betooll! Cicak! Udah mati pulak! Kegencet tembok! Issshhhh.. Saya langsung cuci tangan dan menggulingkan kakak saya supaya tukeran tempat tidur.

Masih ada lagi kengerian-kengerian saya tentang cicak. Waktu itu hari libur, Bude saya sedang main kerumah. Seharian full. Sampai yang masak pun  bude saya. Kalo nggak salah waktu itu lagi masak sayur deh. Entah sayur asem atau sayur sop gitu. 
Nah kebetulan, saya lagi main-main dideket dapur. Jadi bisa liat-liatan sama si bude. 
Tau-tau ada suara 'plung' dibarengin sama si bude yang teriak dengan suara tertahan. Saya pun menghampiri si bude. Tapi sebelum saya bertanya 'kenapa?', si bude sudah bilang terlebih dulu
"Udah diem-diem aja. Sayang sayurnya kalo dibuang. Mubazir!" Kata si bude sambil membuang sesuatu ke arah tempat sampah.
Sebelumnya saya nggak tau ada apaan. Tapi ahirnya saya tau peristiwa apa yang tengah melanda sayur bude saya itu setelah liat apa yang barusan bude saya buang.

Iiihhhh.. itu dooonggg si cicak kulitnya pada ngelotok kepanasan kelojotan ditempat sampah. 
Hari itu, sampai malam saya nggak makan!

Saat saya sudah pindah rumah pun, kengerian-kengerian tentang seputar dunia percicakan masih terus menghampiri saya.
Waktu itu saya kan tiap malam ngaji di tempat ustad. Disitu ada seoarang cewek SMA, waktu itu saya masih SMP. Tiap ngaji dia selalu bawa kapas basah yang diikat benang diujung batang sapu lidi. Pas sampe tempat ngaji, dia mancing cicak! Dan yang paling bikin sebel, setelah cicaknya dapat lalu dimasukin ke plastik tempat biasa yang buat tempat cilok! Kadang sebelum dimasukin ke plastik perutnya diunyel-unyel dulu. Hiiikkkkkkk.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Bobblehead Bunny