wanita dan belanja

oke. hari ini saya posting lagi. saya mau mengeluarkan apa yg ada di hati dan pikiran saja. daripada jerawat saya nambah banyak. lagipula ahir-ahir ini saya berpikiran mungkin bakat saya ternyata adalah menjadi seorang jurnalis infotaintment. mengingat saya sering sekali nulis-nulis status mengomentari beberapa artis ibukota itu. sampai saya terkenal diantara teman-teman (seolah punya banyak teman). saya disebut miss update. why? saya hanya mengomentari apa yg saya lihat. dan itu artis-artis yg bayaranya mahal-mahal itu lho. 

kan katanya konsekuensi jadi artis itu harus mau dikomentarin. ya saya komentarin aja. toh saya juga ngga ngomentarin teman-teman saya (masih, serasa punya banyak teman). kalo saya ngomentarin  teman saya sendiri sih itu namanya menyusutkan jumlah teman saya. apalagi teman saya cuma sedikit. mau kemana lagi coba kalo mau minta bantuan.

saya hanya berkomentar setelah saya menonton acara hantu yang ditayangkan di TV7. dimana pakar supranaturalnya, ki prana itu gaya style berpakaiannya nyentrik sekali. beda sama ki joko bodo dengan rambut awut-awutan dan baju hitam yang kelebihan bahan. kalau ki prana itu style nya lama-lama mirip agung hercules pas nyanyi lagu astuti.

atau seperti semalam saya lihat perfomance syahrini di SCTV. kenapa syahrini ngga pake baju jubah-jubah gitu lagi, kaya pas waktu dia manggung di bulan puasa? 

ya. mungkin bakat saya yg sebenarnya adalah berkomentar. cocok lah kalo jadi jurnalis infotainment. haha

ngomong-ngomong tentang syahrini, jadi artis itu rempong juga yah. dia harus dandan dengan make up yg tebal supaya misalkan dia lagi jerawatan, jerawatnya tuh ngga keliatan. padahal itu saya susah sekali lho. biarpun bekas jerawat ditutup pakai bedak, tetap aja kelihatan. pas ditambahin bedak lagi, muka saya jadi abu-abu karena kulit saya memang seperti kulit orang indonesia pada umumnya. gelap. (ini mah saya aja kali ya. haha)

trus dia juga harus mikir untuk menama-namai sesuatu. seperti, kemaren kan bulu mata anti badai, trus jambul katulistiwa, trus apa lagi yaa yg kira-kira yang namanya tuh heboh. kan harus dipikir juga tuh. ngga mungkin nama yg serampangan. ngga mungkin kan dia menamai sesuatu dg nama yg sama, kaya blablabla antibadai lagi gitu. mungkin blablabla antiseptik. gitu doang aja kan perlu dipikir. 

ini kok jadi ke syahrini segala ya. padahal tadi tuh mau ngomongin tentang wanita dan belanja. eh, tapi syahrini wanita juga sih. dan kalo artis itu kan terkenal suka belanja barang-barang branded gitu ya. 

kalau saya sih ngga makan branded (kere gini). ngeliat harganya aja udah bikin dengkul lemes duluan. yang penting terlihat bagus dimata, dan bagus juga dikantong.

tapi, sebagai wanita seperti kita-kita (jadi berasa wanita banget gitu) emang kadang perlu tau yang namanya branded. sekitar 2 tahun yang lalu, seorang teman pernah mengatakan sesuatu pada saya. itu setelah dalam satu hari saya bilang "baju kamu bagus banget" berkali-kali. ahirnya dia kegerahan juga kali. kupingnya mungkin budeg dengar saya ngomong begitu kok ya berkali-kali dalam satu hari pula. untungnya teman saya ini termasuk teman yg baik. dia ngga akan bilang saya norak. karena dia itu orangnya sangat baik. makanya sayapun tau. saya hanya akan menjadi norak sekali dihadapan teman-teman saya yg baik. kaya misalkan, saya ngga akan ngomong begitu kepada seseorang yang saya sudah tau dia tidak bisa menjaga rahasia, atau mulutnya selalu mengomentari kejelekan orang lain. saya tidak sebodoh itu. walaupun pada dasarnya saya bodoh. ahah

baiklah, teman saya mengatakan begini "mbak kaktus yg terhormat, sebagai wanita kadang kita perlu punya barang branded. kalo misalkan baju, kita punya puluhan baju bagus dengan harga murah, tapi kita juga harus punya minimal satuuuu aja baju bagus dengan harga yg mahal dan brand-nya sudah terkenal sejagat raya. karena apa, karena kita ini wanita. dan dengan baju branded itu, menunjukan bahwa kita ini bukan wanita sembarangan. kita wanita elegan dan terhormat. kita mahluk yg terkenal dengan keindahan. kalo baju kita gembel, kita ngga akan indah lagi. minimal itu ada di pikiran orang-orang yang pertama kali melihat kita".

jleb. gitu ya. oh. gitu. saya kok jadi ngerasa beruntung banget jadi laki-laki. mau segembel apapun, kalau mukanya ganteng, wanita tetap akan mengakuinya ganteng. kalau pake baju gembel dan ngga ber-branded, paling yang ada dibenak kita cuma, 'oh, itu lelaki badboy-badboy gitu'. kesannya malah jadi macho. hahah.

tapi benar juga sih. kadang saya-pun akan mengata-ngatai orang dalam hati yang mungkin saat itu orang tersebut sedang berpakaian alakadarnya. padahal kan kita ngga tau kalo dia sebenarnya anak konglomerat, misalnya. ya, memang kadang-kadang kita menyimpulkan sesuatu dari apa yg kita lihat.

paling tidak, saya kini sudah tau apa arti kata teman saya itu. ya. wanita memang terkenal mahluk indah. laki-lakipun sepertinya memang banyak menyukai wanita yg seperti itu. 

mungkin ini juga yg melandasi kenapa kebanyakan wanita kalo belanja tuh lamaaaaa banget. seperti misal mau cari kado. awalnya teman saya ini nggak tau mau cari apaan. kita tau, tujuan kita ke mall sumarecon serpong. kita ke centro. karena minggu kemaren  sempet lihat katanya sedang ada beberapa brand yg diskon. (wanita banget. diskon;belanja). 

oke, kita sudah di centro. kita ketempat cowok-cowok gitu. kita susuri mulai dari gesper. yaelah. gesper doang. harganya 300 ribu s/d tak terhingga. padahal saya kalo beli gesper itu yg mentok harganya gocap. alias 50 ribu doang saja. itupun mentoknya ya. 


kemudian jalan lagi, tempat tas. setaganaga. harganya ada yg sampai 2 jutaan. tas keparat macam apa itu. atau kaos fly emirates yg dibandrol sampai 600ribu.  padahal kaosnya biasa-biasa aja.

ya mungkin saya memang norak dan kere. tapi paling tidak, ilmu yg kita dapatkan ketika menemani belanja seseorang adalah, kita tahu bahwa ada barang-barang yg semahal itu. dan saya jadi tahu bahwa ada brand terkenal yg bernama hushpuppies. padahal ini brand sudah terkenal sekali kata teman saya yg dari purwokerto itu. tapi kok ya saya baru tau ya. ya. itulah gunanya sekali-kali ngga melulu main di hutan, comberan, dan pasar ikan. jadi minimal suatu waktu saya ngobrol dengan orang-orang yang suka makan brand, saya tahu mereka sedang membicarakan apa. 

saya pernah beberapa kali belanja kebutuhan rumah tangga bareng sama dia. kebutuhan rumah tangga versi saya itu ya cemilan, deodoran, pembalut, mi gepeng rebus, ya gitu-gitu. saya ngga beli yg macem-macem kaya pembersih lantai, detergen dan kroni-kroninya. karena yg gitu-gitu itu sudah dibeli sama ibu saya. maklum, saya kan bukan anak kosan. cuma, versi pelit-nya saja yg mirip-mirip anak kosan. malah lebih pelitan saya. ahah

kembali lagi ke centro. lama-lama saya muak juga yah liat harga barang-barang mahal-mahal betuul. sementara harga sebuah tas saja mungkin itu seharga satu bulan gaji saya. terasa sekali kesenjangan sosialnya. dan yang lebih memuakkan lagi, banyak juga tuh orang-orang kaya yg beli. pas beli ngga pake milih lama-lama lagi. tinggal tunjuk, bayar, beres. gila ya. kebutuhan yang ngga pokok aja bisa kebeli dengan harga semahal itu. kira-kira bekerja sebagai apakah mereka-mereka itu? sering sekali saya berpikiran demikian ketika jalan-jalan ke mall atau tempat-tempat yg nggak kumuh lainnya.

berarti, banyak juga orang kaya di indonesia ini. begitulah kesimpulan saya. tapi suatu waktu saya pergi ke pasar yg banyak pengemisnya. atau ke panti-panti asuhan yg banyak anak-anak yatim piatunya. atau ketemu dijalanan-jalanan yg banyak anak-anak atau kakek atau nenek-nenek yg masih giat bekerja tapi ngga kaya-kaya juga. 

jadi kesimpulannya, hidup itu hitam-putih. kanan-kiri. atas-bawah. gelap-terang. kaya-miskin. sampai kapanpun. akan terus begitu..



0 komentar:

Posting Komentar

 
Bobblehead Bunny